Project-Based Learning – Research Methodology 2024
Tujuan
Project-Based Learning (PBL) diterapkan untuk tugas dan evaluasi perkuliahan Metodologi Penelitian Semester V Kelas A, B dan C. PBL berpusat pada mahasiswa yang melibatkan pendekatan ruang kelas yang dinamis. Diharapkan mahasiswa kelas A, B dan C memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memudahkan untuk melaksanakan Tugas Akhir yang lebih mendalam melalui eksplorasi aktif menjawab tantangan dan masalah di dunia nyata . PBL juga menjadi Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yaitu IKU ke 7 Evaluasi Berbasis Proyek Kelompok.
Luaran
-
- Proses penulisan proposal dimulai dari Minggu I Perkuliahan – Pertemuan XI.
- Proposal ditulis maksimal 2 orang untuk 1 kelompok.
- Proposal disubmit oleh perwakilan kelompok (Plagiarism Scores max 30% dan deadline pada pertemuan Minggu XI). Silakan submit proposal format pdf di sini!
- Setiap kelompok menyediakan PTT (berisi: Latar Belakang, Tujuan dan Gambar Metodologi) untuk keperluan presentasi. Presenter dipilih secara acak.
Rubrik Penilaian
No. | Luaran | Kriteria | Nilai Maksimal |
1. | Proposal | · Keaslian (plagiarisme maks 30%)
· Kesesuaian format Ilkom UNRI · Kelengkapan bagian · Kejelasan penulisan · Ketepatan waktu pengumpulan · Usaha |
70 |
2. | Presentasi |
· Kehadiran
· Kemampuan dalam presentasi · Slide PTT yang menarik dan inovatif · Kemampuan dalam tanya jawab |
30 |
Total | 100 |
Media PBL
-
- Turnitin
- PPT
- dsb.